Kejujuran Di Saat Mengemban Sebuah Amanah

amanah 412x387

Kejujuran Di Saat Mengemban Sebuah Amanah

Semoga memberi inspirasi buat kita semua.

(GTA)Betapa pentingnya jujur,tidak memanfaatkan barang bukan haknya dan memposisikan sesuai porsi masing-masing.

Suatu hari khalifah Umar bin Khatab menyewa unta untuk membesuk sahabatnya.Tanpa disadarinya sorban Khalifah ‘Umar tersangkut pohon dan terlepas.
Ketika diberitahu sorbannya jatuh, Khalifah ‘Umar bergegas turun dari untanya dan lari mengambil sorbannya, lalu cepat cepat menaiki kembali untanya.
Sang pemilik unta berkata, “Kenapa kau tidak putar saja untanya untuk kembali ke belakang sedikit untuk mengambil sorbanmu wahai khalifah?”
Khalifah ‘Umar berkata dengan tersenyum, “Sebab unta ini akadnya aku sewa untuk pergi dari rumahku menuju rumah sahabatku. Tidak ada perjanjian balik sebentar untuk keperluan lain.”
Pemilik unta: “Kalau begitu, kenapa kau tidak menyuruh aku sebagai rakyat terhadap khalifah untuk mengambil sorbanmu?”
Khalifah ‘Umar menjawab, “Karena sorban itu milikku bukan milikmu, kenapa aku mesti menyuruhmu? “Apakah kau kira jabatan khalifah punya wewenang untuk memerintahkan orang lain mengerjakan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan tugasku?”

“Apakah kau kira jabatan khalifah punya wewenang untuk memerintahkan orang lain mengerjakan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan tugasku?” (Umar Bin Khattab R A)

Masya Allah..
Inilah Pemimpin Islam.(redaktur by dhoni)

( Dikutip dari buku The Great of Two ‘Umars)