KETELADANAN RASULULLAH ﷺ YANG HARUS KITA CONTOH

GTA-Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ membawa dunia ke kehidupan yang baru.Beliau adalah rahmat bagi seluruh semesta alam.Rasulullah  ﷺ memiliki akhlak yang mulia.Yang dijadikan “uswah” atau teladan bagi semua umat muslim.Meneladani sifat Rasulullah ﷺ merupakan salah satu bentuk dari cinta kita kepada Rasulullah ﷺ.Bagaimana menerapkannya?Kita sebagai umat pengikut risalah Nabi Muhammad ﷺ senantiasa menjalankan sunnah dan perintah Rasulullah ﷺ dalam kehidupan sehari-hari.Bukti jika mencintai Rasulullah ﷺ .

Q.S.Al Ahzab ayat 21 :

لَّقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِي رَسُولِ ٱللَّهِ أُسۡوَةٌ حَسَنَةٞ لِّمَن كَانَ يَرۡجُواْ ٱللَّهَ وَٱلۡيَوۡمَ ٱلۡأٓخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرٗا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Dalam surat Al Ahzab ayat 21, Allah ﷻ berfirman bahwa sudah ada suri tauladan dalam diri Nabi Muhammad ﷺ yang patut kita teladani.Nabi Muhammad ﷺ merupakan nabi dan utusan Allah ﷻ yang sudah diberikan bekal, yaitu kemuliaan.Sifat Rasulullah ﷺ yang ini juga dapat kita jadikan teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada 4 sifat mulia Rasulullah  ﷺ yang patut kita contoh, yaitu :

  • Shiddiq (jujur)

Rasulullah ﷺ dikenal akan kejujurannya.Baik perkataan maupun perbuatannya.Tidak ada seorangpun yang menyangkal akan kejujuran Rasulullah ﷺ .

  • Amanah (dapat dipercaya)

Rasulullah ﷺ biasa dipercaya untuk menyelesaikan masalah orang satu dengan orang lain,karena semua orang mempercayai Rasulullah ﷺ . Rasulullah ﷺ mengerjakan apa-apa yang dipercayakan oleh beliau dengan sungguh-sungguh.

  • Tabligh (menyampaikan)

Rasulullah  ﷺ menyampaikan wahyu dari Allah  ﷻ kepada umatnya.Rasulullah  ﷺ memberitahukan wahyu Allah ﷻ dengan detail dan tepat.

  • Fathonah (cerdas)

Allah ﷻ sudah membekali Rasulullah ﷺ dengan kecerdasan karena risalah beliau yang berat.Rasulullah ﷺ menyelesaikan suatu masalah dengan bijaksana.

Rasulullah ﷺ juga mempunyai sifat mulia lainnya.Beliau juga dikenal dengan “Al Amin (orang yang dipercaya” .

Berikut ini kisah-kisah teladan Rasulullah ﷺ :

Berlaku lemah lembut.

Salah satu contoh yang dapat ditiru dari perilaku Nabi Muhammad ﷺ adalah sifat nya yang lemah lembut kepada siapapun. Pernah suatu waktu ada seorang pengemis Yahudi buta yang selalu menghina Nabi. Pengemis tersebut selalu ditemani dengan seseorang yang menyuapinya dengan sabar dan penuh kelembutan. Singkat cerita, seseorang yang biasa menemani pengemis tersebut tidak datang kembali untuk menyuapinya. Kemudian digantikan oleh Abu Bakar As Shidiq. Kemudian sang pengemis tersebut seketika hanya ingin disuapi oleh seseorang yang biasa menyuapi nya dengan penuh kelembutan dan kasih sayang tersebut. Abu Bakar pun seketika berkata, “Aku memang bukan lah orang yang biasa datang dan menyuapimu, aku juga tidak bisa selemah lembut orang itu, namun ketahuilah aku merupakan sahabat dari orang yang selalu menyuapi mu. Orang yang biasa menyuapi mu tersebut kini telah wafat dan aku hanya ingin melanjutkan amalan beliau.”

Kemudian sang pengemis buta itu pun terdiam dan bertanya kepada Abu Bakar, siapakah orang yang selama ini menyuapi dan memberikan nya makan. Abu Bakar pun menjawab, bahwa orang tersebut adalah Rasulullahﷺ. Seseorang yang selama ini Ia hina, fitnah, dan rendahkan. Sang pengemis pun kaget luar biasa, air matanya pun menetes, dan saat itu juga Ia bersaksi di hadapan Abu Bakar untuk mengucapkan kalimat syahadat. Pengemis tersebut memilih untuk masuk Islam setelah hinaan dan sumpah serapahnya kepada Nabi Muhammad ﷺ dibalas dengan kasih sayang.

Kita tentu bisa mencontoh kisah tersebut dalam kehidupan kita, untuk selalu berbuat baik kepada siapapun, termasuk orang yang menyakiti hati kita karena dibalik itu akan ada kebaikan yang terus mengalir.

Memberi dan Mengasihi

Pernah suatu ketika Rasulullah menitipkan uang untuk disimpan kepada istrinya Aisyah Ra. Ketika kondisi kesahatan Rasulullah ﷺ semakin memburuk Ia bertanya kepada Aisyah mengenai uang yang pernah Ia titipkan tersebut. Kemudian Rasulullah meminta Aisyah untuk membagikan uang tersebut di jalan Allah, Ia berkata bahwa Ia akan malu apabila kelak bertemu Allah namun masih terdapat timbunan uang di rumah nya.

Nabi Muhammad ﷺ memang rajin bersedekah dan memudahkan segala urusan para umatnya yang mengalami kesulitan. Ia pun selalu mengajak umatnya untuk selalu bersedekah dan melakukan kebaikan.

Ketulusan dan Membantu Sesama

Rasulullah memang dikenal sangat senang membantu sesama termasuk memerdekakan para budak, dan anak-anaknya. Salah satu nya Ummu Aiman dan putra nya Usamah bin Zaid, yang kemudian menjadi kesayangan Rasulullah. Setelah menikah dengan Khodijah, Nabi  ﷺ memerdekakannya. Ia merupakan orang yang telah merawat Nabi Muhammad ﷺ ketika kecil, sehingga beliau sudah menganggapnya seperti ibu sendiri.

Ketulusan hati Rasulullah dengan memerdekakan budak dan membantu orang lain dalam kesulitan merupakan hal yang perlu kita contoh dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah kisah teladan Nabi Muhammad yang patut kita ikuti dalam kehidupan kita. Semoga kisah-kisah tersebut dapat memotivasi kita untuk berperilaku lebih baik lagi kedepannya.Dan kita sebagai umat pengikut Nabi Muhammad ﷺ melaksanakan sunnah-sunnah dan perintah Rasulullah ﷺ .(aam)